Pages

Rabu, 03 April 2013

Abstrak Membaca POSSE



ABSTRAK
APLIKASI MEMBACA POSSE PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Alfina Ari Suwanti
(A310120189)

Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Surakarta

            Strategi membaca POSSE merupakan salah satu strategi membaca pemahaman dengan menggabungkan proses membaca dengan pembelajaran praktik yang dapat dilakukan pembaca dan peserta didik secara otomatis. Tujuan Penerapan metode membaca POSSE ini ialah agar siswa Sekolah Dasar (SD)  lebih mudah memahami isi teks informasi. Strategi ini dilakukan dengan mengaktifkan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya, tetapi juga mendorong siswa untuk mengetahui pengetahuan yang ada pada teks bacaan. Sehingga siswa dapat menggabungkan menggabungkan pengetahuan yang dimiliki dengan pengetahuan yang mereka  peroleh dari bacaan. Metode yang digunakan dalam penerapan strategi membaca POSSE ini terlebih dahulu dilakukan dengan menyediakan lembaran-lembaran yang berisikan panduan dalam strategi ini kemudian menjelaskan cara menggunakannya. Dengan begitu siswa dipermudah dalam mengatur pikiran mereka. Setelah menyiapkan strategi, barulah siswa mulai memprediksi gagasan dengan menggunakan pengetahuan yang telah mereka miliki dengan meneliti petunjuk yang telah ada pada teks. Langkah selanjutnya yaitu organize yaitu mengatur prediksi siswa dengan pikiran mereka dengan menggunakan peta konsep, dengan begitu siswa lebih mudah dalam melakukan langkah berikutnya, yakni search (mencari). Dalam tahap ini, siswa mencari kebenaran atas prediksi yang mereka lakukan sebelumnya dan menemukan gagasan-gagasan utama dalam teks. Langkah selanjutnya yaitu summarise (merangkum/menyimpulkan). Maksudnya yaitu, setelah siswa menemukan gagasan utama dari teks informasi tersebut, siswa dapan menyimpulkan isi/makna/pesan yang disampaikan melalui teks. Tahap yang terakhir yaitu evaluate (evaluasi). Siswa membuat pertanyaan untuk mengembangkan pengetahuan yang mereka dapat. Kemudian  membandingkan peta konsep yang telah mereka buat sebelumnya dengan peta konsep yang mereka buat sebagai bagian dari diskusi. Siswa juga dapat menanyakan kepada guru mengenai kosa kata baru yang terdapat dalam teks bacaan. Setelah melalui tahap-tahap strategi membaca POSSE siswa dapat meringkas bacaan mereka dengan meninjau peta konsep yang telah mereka buat. Dalam menggunakan strategi membaca POSSE ini, guru harus selalu membimbing siswanya unutk melalui setiap tahap yang ada dalam strategi membaca ini agar penerapannya dapat efektif.

Kata Kunci : Strategi Membaca POSSE, tahap membaca POSSE,  memoprediksi, meringkas.

Judul Asli : Membaca POSSE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar